Situs Media Referensi | AdSense

Apabila Orang Melanggar Sumpah Apa Hukumannya

Apabila Orang Melanggar Sumpah Apa Hukumannya

Sumpah artinya adalah menyebut sesuatu yang penting bagi kehidupan seseorang untuk menegaskan suatu pernyataan. Bagi seorang muslim, sesuatu yang paling penting didalam hidup adalah Allah, maka dalam setiap sumpahnya ia harus menyebut Allah.

Dan bagaimana kalau kita melanggar sumpah tersebut? Marilah kita simak tema Apabila Orang Melanggar Sumpah Apa Hukumannya.

Dan janganlah kamu jadikan sumpah-sumpahmu sebagai alat penipu di antaramu, yang menyebabkan tergelincir kaki sesudah kokoh tegaknya, dan kamu rasakan kemelaratan karena kamu menghalangi dari jalan Allah dan bagimu adzab yang besar. Surat An-Nahl Ayat 94

Jika engkau bersumpah, kemudian engkau melihat sesuatu yang lebih baik dari sumpah tersebut, maka batalkanlah sumpahmu (dengan membayar denda) dan kerjakanlah sesuatu yang lebih baik dari sumpahmu itu. [Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim]

Jika sumpah tersebut dibuat dengan nama Allah, sifat-sifatnya yang wajib ataupun dengan Keagungannya, anda adalah berdosa dan perlu membayar Kiffarah Sumpah.

Kiffarah Sumpah ialah:
1.  Memberi makan 10 orang miskin. Setiap seorang sebanyak secupak beras.
2.  Memberi pakaian (benda yang dipakai mengikut adat setempat) kepada 10 orang miskin.
3. Membebaskan seorang hamba yang beragama Islam. Hamba tersebut mestilah seorang hamba yang sempurna anggota badan dan boleh bekerja.

Namun begitu, bagi mereka yang tidak mampu untuk melakukan ketiga-tiga perkara tersebut, maka dia dikehendaki berpuasa sebanyak tiga hari dan menurut Mazhab Syafi’i puasa tersebut tidak disyaratkan secara berturut-turut.

Yang demikian itu ialah kiffarat penebus sumpah kamu apabila kamu bersumpah. Dan jagalah - peliharalah sumpah kamu. Demikianlah Allah menerangkan kepada kamu ayat-ayat-Nya (hukum-hukum agama-Nya) supaya kamu bersyukur. [al-Maidah 5:89] Semoga bermanfaat



2 komentar

melanggar sumpah seperti meludah melawan angin..
bersumpah biasa keluar ketika sedng MARAH kan Bu? jadi mendingn diam sj..

syapa yg menahan marah sedang ia mampu melampiaskan, yg di atas bakal memanggil kita di dpn seluruh manusia..kemudian disuruh memilih bidadari yg ia inginkan.. klw sy ya bu.. insha Allah sy pilih si admin,, ehm!

iya mas al seperti halnya gitu.. hee.. bisa aja mas al ini selamat sore saja

Berikan Tanggapan atau Komentar... Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai..? Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa ^_^