Situs Media Referensi | AdSense

Tips Dan Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Tips Dan Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Srikaya merupakan salah satu buah – buahan yang memiliki bentuk kecil, berwarna hijau dan hanya hidup di daerah tropis saja. 

Srikaya ini berasal dari Hindia Barat yang baru akan berbuah setelah pohonnya berumur 3 tahun sampai dengan 5 tahun.

Rasanya yang manis membuat buah srikaya ini menjadi salah satu buah yang disukai masyarakat, terutama masyarakt Indonesia.

Selain itu, buah srikaya ternyata memiliki beberapa khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama daun srikaya. Memang benar daun srikaya ini memiliki rasa yang pahit, namun dibalik rasanya yang pahit tersebut memiliki sejuta manfaat untuk tubuh kita.

Cara Pembuatannya :
1. Gangguan pencernaan
Caranya: Cuci daun srikaya yang masih segar secukupnya, Tumbuk sampai halus, Tambahkan minyak kelapa secukupnya, Tempelkan pada perut.

2. Borok/bisul
Caranya: Ambil dan cuci daun segar srikaya, Tumbuk halus, tambahkan sedikit garam, Urapkan pada borok atau bisul dan balut. Ganti dalam sehari sebanyak 2-3 kali.

3. Penenang penderita histeris, tiba-tiba pingsan
Caranya: Cuci daun srikaya segar secukupnya, Tumbuk hingga halus, Dekatkan tumbukan daun srikaya tersebut ke hidung penderita pingsan agar baunya terhirup.

4. Cacingan pada anak
Caranya: Cuci daun srikaya segar sebanyak 15 lembar, Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Dinginkan, saring, minum 3x sehari, masing2 segelas.

5. Pembasmi kutu anjing
Caranya: Cuci daun srikaya, Tumbuk daun srikaya dan bijinya, Rebus dengan air secukupnya, Mandikan anjing dengan hasil air rebusan dan srikaya

6. Kudis
Caranya: Cuci daun srikaya segar sebanyak 15 lembar, Tumbuk hingga halus. Remas-remas dengan menambahkan stu sendok the air kapur sirih. Gunakan dengan cara menggosokkan pada kulit, lakukan sehari 2 kali.

Perlu diperhatikan :
Hanya digunakan dibawah pengawasan pakar herbalis yang sudah berpengalaman
Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya. Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.

6 komentar

wah banyak juga ya manfaatnya, nice share :)

selain rasanya yang enak manfaatnya banyak juga

iya mas semoga saja ada manfaatnya buat kita semua

iya begitulah kiranya dan semoga bermanfaat

Bermangaat banget buah satu ini.. Mantav

mantap artikelnya... bkin nambah ilmu kita

Berikan Tanggapan atau Komentar... Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai..? Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa ^_^