Situs Media Referensi | AdSense

Pengertian Dan Penjelasan Tentang Google Adsense GA

Pengertian Dan Penjelasan Tentang Google Adsense GA

Yang di maksud dengan adsense adalah orang yang berhak menayangkan iklan dari google.

Setelah mendapat persetujuan dari pihak google tentang kriteria dan syarat menjadi penayang iklan google baik dari Mitra google (seperti youtube dan blogspot) maupun dalam website atau blog di luar mitra google.

Sebelum kita jauh membahasa Tutorial untuk Adsense sendiri mungkin anda bisa terlebih dahulu membaca artikel ini.

Beberapa tahun yang lalu, Google mulai menerima pemasangan iklan via banner dalam setiap proses pencarian via Google

Google menyebut programnya ini dengan nama Google Adwords. Kemudian Google juga menawarkan kepada para pemilik website untuk ikut menampilkan iklan dari Google ini dengan bayaran system bagi hasil pembayaran setiap klik

Jadi jika pemasang iklan via Adwords membayar sekian dollar/sen kepada Google untuk setiap klik iklan mereka maka sebagian akan diberikan ke pemilik website yang ikut program ini, disebut Google Adsense.

Google Adsense dibagi menjadi 2 macam :
1. Websitenya yang menggantungkan 100% dari Adsense.
2. Adsense digunakan sebagai penghasilan tambahan dari content asli website itu. Maksudnya isi websitenya berisikan content yang jelas misalnya: toko online, komunitas, product barang, dll.

Itulah sedikit penjelasan Pengertian Tentang Google Adsense mungkin bisa menjadi gambaran singkat untuk anda sebelum memulai Usaha Online Anda

Jenis-jenis iklan dalam google adsense :
Jenis jenis iklan dalam google adsense di antaranya : Teks, Gambar, Multimedia, Flash, Video, Iklan gambar animasi, Audio, Unit tautan .

Disini saya akan menjelaskan hal atau bagian terpenting saja dalam perhitungan google adsense, setidaknya kita bisa sedikit tahu. 

CPC = Singkatan dari (Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan. 

Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.

CTR = Singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%.


CPM = Cost per Mille Dalam istilah indonesia biasa di sebut BPS (Biaya per Seribu), jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang. 

RPM = Revenue Per Thoushand Impression Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan.

2 komentar

bagus artikelnya, menambah wawasan tentang google adsense, harus banyak belajar lagi

terima kasih om.iya begitupn juga aku harus byk belajar

Berikan Tanggapan atau Komentar... Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai..? Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa ^_^